Pintu Gebyok Kayu Jati

Desain pintu jati – Bagi sebagian orang mungkin masih awam dengan istilah gebyok. Gebyok adalah furniture khas Jawa yang biasanya terbuat dari kayu jati. Bentuk dari furniture gebyok umumnya berupa partisi penyekat ruang dan pintu. Pada awalnya gebyok digunakan pada rumah adat masyarakat Jawa, sebagai partisi untuk menyekat ruang tamu atau ruang keluarga, juga sebagai penyekat ruang menuju pendopo pada rumah adat, namun saat ini pintu gebyok juga banyak diaplikasikan pada rumah tropis dan model desain rumah lainnya sebagai pintu utama atau partisi penyekat ruang.

Memiliki rumah dengan pintu gebyok biasanya menunjukkan status sosial seseorang, dahulu umumnya yang memiliki rumah dengan pintu gebyok adalah  masyarakat Jawa yang masih memiliki keturunan ningrat atau darah biru. Bagi masyarakat Jawa, pintu gebyok tidak hanya memiliki nilai estetika seni yang tinggi, namun setiap ornament ukiran yang terdapat pada pintu gebyok, memiliki makna tentang kebijaksanaan hidup yang dalam, symbol-simbol dalam setiap ukiran pintu gebyok menggambarkan petuah masyarakat Jawa tentang keharmonisan, kesejahteraan, dan kedamaian hidup.

Pintu gebyok yang sarat dengan ukiran dan simbol, yang membutuhkan kemahiran tingkat tinggi untuk membuatnya, dan tidak semua pengrajin pintu atau kayu bisa membuat pintu gebyok. Daerah Jepara dan Kudus merupakan daerah yang paling terkenal dan masih banyak memiliki pengrajin pintu gebyok. Seiring dengan perkembangan jaman, pintu gebyok hadir dengan beragam ukuran, beragam hiasan, dan fungsi dengan desain lebih modern dan tidak simetris serta tidak monoton lagi seperti model gebyok jaman dulu, pintu gebyok saat ini bisa di susuaikan dengan keinginan dan selera sang pemilik. Walau begitu, gebyok dengan model dan desain yang autentik dan kuno tetap menjadi pilihan utama, karena pintu gebyok, selain berfungsi untuk dekorasi rumah, pintu gebyok juga memiliki nilai investasi tinggi, semakin kuno dan langka sebuah pintu gebyok, maka akan semakin mahal harganya.

Karisma pintu gebyok yang penuh dengan ukiran dengan estetika seni yang tinggi, akan membuat tampilan eksterior rumah semakin elegan sekaligus mewah, dan menonjolkan nuansa etnik yang sangat kental dengan filosofi budaya Jawa. Untuk menambah atmosfer nuansa Jawa, pintu gebyok bisa disandingkan dengan furniture bergaya klasik atau kontemporer, yang berbahan kayu jati, seperti kursi-kursi, meja atau bale-bale.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *